Saturday, September 17, 2011 |

Facebook membuat prestasi mahasiswa turun??


Teman, ada berita menggemparkan tentang facebook. menurut recent studies facebook membuat prestasi pelajar atau mahasiswa menurun. wahwah perlu lebih hati-hati nih karena jangan-jangan prestasi di sekolah kita mampet terus karena  kita secara tidak sadar sudah terhipnotis dengan social network yang satu ini.
Karpinski sendiri melakukan riset terhadap 219 mahasiswa, 148 mahasiswa pengguna Facebook ternyata memiliki nilai yang lebih rendah daripada mahasiswa non pengguna Facebook. Para pengguna Facebook  pun mengakui waktu belajar mereka memang telah tersita. Rata-rata para siswa pengguna Facebook ini kehilangan waktu antara 1 - 5 jam sampai 11 - 15 jam waktu belajarnya per minggu untuk bermain Facebook.
Seorang kandidat doktor yang bernama Aryn Karpinski dari Universitas Negara Ohio dan Asistennnya yang bernama Adam Duberstein dari Universitas  Ohio Dominican melakukan sebuah penilitian tentang hubungan antara pengguna Facebook dengan nilai Index Prestasi komulatif (IPK) mereka. Hasil temuannya membuktikan bahwa IPK mahasiswa yang menggunakan Facebook sangat menurun drastis. Aryn Karpinski mengatakan Penelitian kami menunjukkan, mahasiswa yang sering menggunakan Facebook, waktunya jadi berkurang untuk belajar,” kata Aryn Karpinski, peneliti di jurusan pendidikan Ohio State University AS. Karpinski melakukan penelitian pada 219 mahasiswa di Ohio State University tingkat sarjana dan pasca sarjana. Ia memberikan kuisoner seputar tingkat belajar dan aktivitas internet terutama kebiasan menggunakan Facebook. Dan hasilnya, mereka mendapati 68% mahasiswa yang menggunakan Facebook secara signifikan memiliki IPK lebih rendah daripada yang tida menggunakan ”
Hasil Studi ini akan dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Education Research Association pada 16 April 2009 Dalam penelitiannya, Karpinski menemukan bahwa penggunaFacebook pada mahasiswa sekitar 85%, sedangkan pengguna Facebook yang telah lulus kuliah sekitar 52%. Dalam penelitian itu juga ditemukan bahwa mahasiswa pengguna memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) paling tinggi antara 3,00-3,50, sedangkan yang tidak menggunakan bisa lebih tinggi, yakni antara 3,50-4,00.
Data-data tersebut didapatkan dari times.com. facebook tetap bermanfaat kok selama kita bisa memakainya dengan sebaik-baiknya. untuk terus menjaga komunikasi dengan teman-teman kita yang jauh, tapi kita juga harus tetap cerdas memakainya jangan sampai mengganggu jatah waktu belajar kita. karena itu sudah menjadi kewajiban kita.

0 comments: