Thursday, March 22, 2012 |

learn Failure



Apa sih maksudnya kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda? Sepertinya lebih mudah diucapkan tapi begitu sulit untuk dilakukan/dipercaya. Terlebih bagi saya yang baru saja mengalami kegagalan, satu dari sekian impian saya selama duduk dibangku kuliah ini. Yah seperti; gagal dalam meraih IPK Cum-Laude, gagal lulus S1 kurang dari 4 tahun, gagal dalam memimpin bidang organisasi yang saya minati, gagal memenangkan lomba penulian karya ilmiah tingkat fakultas, gagal dalam seleksi mawapres (mahasiswa berprestasi), dan semalaman ini saya menangis sejadi-jadinya karena saya berpikir jangan-jangan saya juga telah gagal membanggakan orang tua saya!

Menangis, merasa begitu menyesal, rendah diri, putus asa, tidak berani lagi bermimpi, pesimis, bahkan tidak lagi semangat dalam menjalani hari-hari setelahnya. Hampir saja saya turuti hawa nafsu saya ini untuk terus merasa terpuruk. Tapi Alhamdulillah, hati kecil saya mengatakan bahwa saya tidak kalah! Belum tentu mereka yang menang karena skor yang lebih tinggi benar-benar menang secara hakiki. Hakiki dalam arti dalam memberikan manfaat sebanyak-banyaknya karena dia terpilih sebagai mahasiswa berprestasi, karena sungguh begitu sayang ilmu dan otak yang dimilikinya jika dia belum berperan dalam masyarakat. Diingatkan juga salah satu dosen yang berbisik kesaya, bahwa yang terpenting adalah peran dalam masyarakat fan! buktiin kalo kamu bisa lebih baik dari mereka.

Tidak hanya itu, saya juga berpikir bahwa ujian kegagalan ini tidak ada apa-apanya dengan kegagalan dalam mendapat restu dan ridha Allah SWT dalam kehidupan saya didunia ini. Kegagalan ini mungkin juga merupakan rahasia terindah dari Allah SWT untuk saya mendapatkan sesuatu rezeki/nikmat yang terbaik untuk saya. God know the best, and we don’t.  

Belum lagi berkat blogwalking yang mencerahkan saya. Thomas Alfa Edison, sang pencipta lampu yang berhasil setelah melewati 2000 kegagalan selalu menjadi satu cerita abadi, bagaimana kegagalan selalu menghiasi keberhasilan!  Soichiro Honda, (http://indonesiaindonesia.com/f/70106-%80%A2-sejarah-h-o-n-d/ ) yang berhasil menjadi imperium otomotif dunia Honda, raja jalanan dunia, setelah melewati cobaan dan musibah yang luar biasa mulai dari kebakaran pabrik berkali-kali, dikeluarkan dari sekolah, berasal dari keluarga miskin dan tidak tampan, idenya selalu ditolak. Luar biasa, bagaimana pikirannya yang sangat positif bisa bangkit dari kegagalan itu dan bahkan bisa menghasilkan prestasi yang luar biasa! It’s make me believe now that kegagalan adalah kemenangan itu sendiri jika kita bisa memaknainya.  :)

0 comments: