Monday, July 18, 2011 |

Indonesia menjadi negara dengan tingkat polusi udara tertinggi ketiga di dunia??


Mengenaskan banget deh zaman sekarang. Orang udah ga peduli lagi sama kesehatan dan lingkungan.. seperti yang saya perhatiin setiap harinya. Orang-orang Indonesia banyak banget yang ga peduli sama asap kendaraan bermotor yang sebenarnya sangat sangat berbahaya bagi kesehatan mereka.


di kepenuhan kendaraan bermotor ini liat deh jarang banget kan yang pake masker.

Andai mereka tahu .Penyakit-penyakit yang dapat disebabkan oleh polusi udara tuh berbahaya banget:
  1. Bronchitis kronika.Pengaruh pada wanita maupun pria kurang lebih sama. Hal ini membuktikan prevalensinya tak dipengaruhi oleh macam pekerjaan sehari-hari. Dengan membersihkan udara dapat terjadi penurunan 40% dari angka mortalitas
  1. Emphysema pulmonum.
  2. Bronchopneumonia.
  3. Asthma bronchiale.
  1. Cor pulmonale kronikum. Di daerah industri, Czechoslovakia umpamanya, dapat ditemukan prevalensi tinggi penyakit ini.
  2. Kanker paru.
Stocks & Campbell menemukan mortalitas pada non-smokers di daerah kota 10 kali lebih besar daripada daerah rural/desa.
  1. Penyakit jantung, juga ditemukan dua kali lebih besar morbiditasnya di daerah dengan polusi udara tinggi. Karbon-monoksida ternyata dapat menyebabkan bahaya pada jantung, apalagi bila telah ada tanda-tanda penyakit jantung ischemik sebelumnya. Afinitas CO terhadap hemoglobin adalah 210 kali lebih besar daripada O2 sehingga bila kadar CO Hb sama atau lebih besar dari 50%, akan dapat terjadi nekrosis otot jantung. Kadar lebih rendah dari itu pun telah dapat mengganggu faal jantung.
  2. Kanker lambung, ditemukan dua kali lebih banyak pada daerah dengan polusi tinggi.
  3. Pneumoconiosis adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh adanya partikel (debu) yang masuk atau mengendap di dalam paru-paru. Penyakit pnemokoniosis banyak jenisnya, tergantung dari jenis partikel (debu) yang masuk atau terhisap ke dalam paru-paru. Beberapa jenis penyakit pneumoconiosis yang banyak dijumpai di daerah yang memiliki banyak kegiatan industri dan teknologi, yaitu Silikosis, Asbestosis, Bisinosis, Antrakosis dan Beriliosis.
  4. IQ menurun. Bank Dunia melaporkan bahwa adanya kandungan timbal dari asap knalpot dapat menyebabkan menurunnya tingkat kecerdasan (IQ), meningkatkan penyakit jantung koroner dan hipertensi, serta menurunkan kemampuan darah untuk mengikat oksigen. Jangan-jangan orang kita banyak yang IQ nya kurang karena terkena paparan kandungan timbal dari asap knalpot tiap harinya. hii.. bisa jadi kan karena ketidaktahuan kita.
  5. Penyakit-penyakit lain, umpamanya iritasi mata, kulit dan sebagainya banyak juga dihubungkan dengan polusi udara. Juga gangguan pertumbuhan anak dan kelainan hematologik pernah diumumkan.
Luar biasa banget kan penyakit yang disebabkan oleh polusi udara.
Jadi, gak heran deh kalo di zaman sekarang makin banyak aja penyakit baru yang dulunya ga ditemuin penyakit itu. 
Apalagi,Tingkat pencemaran udara di Indonesia semakin memprihatinkan. Bahkan salah satu studi melaporkan bahwa,
Indonesia menjadi negara dengan tingkat polusi udara tertinggi ketiga di dunia. 
World Bank juga menempatkan Jakarta menjadi salah satu kota dengan kadar polutan/partikulat tertinggi setelah Beijing, New Delhi dan Mexico City. Rekor yang semakin memiriskan kita semua. Di Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dll saya perhatiin sehari-harinya jarangggg banget bahkan yang memakai masker bagi yang berkendaraan bermotor. Padahal kan naudzubillah... asap nya tuh udah ngebul banget deh! Ga kebayang paru-paru kita ini menimbun banyak banget logam berat berbahaya kaya Timbal (Pb), dll  setiap harinya, ihh seremmm banget. Nah, apalagi  pemakai kendaraan bermotor setiap harinya untuk bekerja, sekolah, dll wahh musti wajib tuh pake masker atau penutup lainnya secara mereka terkena paparan knalpot, polusi, polusi udara, debu, secara langsungsetiap harinya. Makanya aduh miris banget kita melihatnya..
Nih, foto-foto pencemaran udara lainnya, untuk membuka mata kita aja supaya lebih care sama mother earth ini..




foto-foto tersebut semakin melengkapi rusaknya udara yang kita hirup setiap harinya ini..


ayooo donk mulai hari ini peduli,, sama diri sendiri dan lingkungan kita. kan kita udah tahu tuh kalo Indonesia menjadi negara dengan tingkat polusi udara tertinggi ketiga di dunia dan ada banyak banget penyakit berbahaya yang disebabkanya. bahkan,
asap knalpot yang mengandung timbal bisa menurunkan IQ kita.
gak mau donk anak-anak kita, generasi negeri ini IQ nya menghawatirkan semua. so, from now, lakuin hal kecil tapi berarti banyak buat kita, seperti memakai masker di kehiruk-pikukan Kota entah kita sebagai pejalan kaki, berkendara motor, naik angkutan umum, dll, menanam pohon di lingkungan rumah kita yang bisa menjadikan lingkungan kita sehat nan asri nan indah nan permai.. wahhhh... pasti  bisa semakin membahagiakan dan menentramkan hati kita juga kan liat indahnya hijaunya pepohonan di lingkungan kita bukan asap dan kendaraan bermotor yang lagi-lagi memenuhi Kota. yah tentunya butuh juga peran serta pemerintah dan kebijakannya yang mendukung lingkungan.


selasa, 19 Juli 2011, Fani


0 comments: