Sunday, November 27, 2011 |

Aku Cinta Agroteknologi


Menulis Agroteknologi ini bukan seperti tulisan ku yang lainnya yang hanya sekadar memanfaatkan waktu semata. Menulis Agroteknologi ini, merupakan caraku untuk meyakinkan, mengenal, dan mempertebal rasa cinta ku terhadap bidang studiku ini.
Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno pernah mengatakan, bahwasanya pertanian adalah antara soal hidup dan mati. Sehingga dengan pernyataan tersebut seolah-olah menegaskan bahwa pertanian merupakan sektor utama yang paling sentral bagi perkembangan perekonomian bangsa, sebagai tinjauan disaat sektor lain mengalami kemerosotan karena faktor krisis moneter, sektor pertanian merupakan satu-satunya sektor yang mampu bertahan bahkan mengalami surplus pada tahun 1998, hal tersebut mengindikasikan bahwa potensi yang sangat besar berada di sektor pertanian terutama dengan berkembangnya peradaban dan arus  industrialisasi dunia yang menunutut kita untuk lebih mengoptimalkan pertanian indonesia. Indonesia mempunyai kekayaan alam yang menggiurkan kemajuan pertanian. 
Fenomena-fenomena alam yang asri senantiasa menyimpan potensi-potensi pertanian yang sangat bernilai. Pertanian secara luas, tidak terbatas budidaya saja, tapi juga terintegrasi dengan peternakan, kehutanan, perikanan dan kelautan, industri pertanian, pengembangan sumberdaya lahan, dll. Letak goeografis Indonesia yang tepat berada di jalur khatulistiwa juga menguntungkan bagi varietas-varietas bahan pertanian di Indonesia untuk tetap lestari dan bisa dibudidayakan dengan penerapan tradisional maupun penerapan teknologi (Agroteknologi). Realita sumberdaya alam yang melimpah ruah seperti itu sewajarnya mampu membangkitkan Indonesia dari predikat sebagai negara miskin menjadi negara kaya karena hasil pertaniannya. Kita bisa mewujudkan itu karena kita ‘kaya’.
Hal-hal ini lah yang seharusnya menjadi titik acuan pemuda Indonesia. Kita perlu mengembangkan kekayaan alam Indonesia ini, perlu ada banyak lagi yang mempelajari kekayaan alam Indonesia ini, tidak hanya memperbanyak lulusan yang lainnya. Fokus lah kepada pertanian. Agar kita pintar dan mampu mengolah kekayaan kita sendiri. Itulah yang menjadi prioritas kita semua.
            Dan Alhamdulillah, kini aku menjadi yakin akan Agroteknologi ini. Bagaimana tidak, ini adalah jurusan yang mempunyai prospek hidup yang pasti, dan Insya Allah ini adalah jurusan yang sangat disukai oleh Allah SWT,
“ Wahai saudaraku seiman! Jika memang berharap memasuki taman langit esok hari, hargailah taman besar yang ada disini didunia ini. Waspadalah untuk tidak merusak tumbuhan sekecil apapun. Sebab, ia merupakan simbol yang Allah tetapkan sejak azali untuk menjadi pelajaran bagi kita. Bahkan makanan dan kesenangan kita.” (penghargaan untuk dunia pertanian) :D

0 comments: