Saturday, October 15, 2011 |

kita adalah tanah, tanah adalah kita

Pertanyaan paling aneh hari ini? “Kenapa manusia kembali dikuburkan ke tanah?” Pak Rida, dosen jurusan ilmu tanah, Universitas padjadjaran bertanya di praktikum survey EVLAN acara Soil Treasure, 15 Oktober 2011.
Karena, manusia memang berasal dari tanah pak, makanya kembali ke tanah. Salah! Kata pak rida. Yang lain lagi menjawab karena ya ada di Kitab Suci pak bahwa manusia diciptakan dari segumpal tanah. Yah itu mah jawabannya anak TK! Lah terus apa dong jawabannya??
Ternyata,,,,, karena,Unsur-unsur yang ada di manusia itu hampir sama dengan unsur-unsur yang ada didalam tanah. Seperti kandungan zat besinya, silika nya, belum lagi karbohidrat, protein, dl. Dan ternyata itu belum semua, masih banyak misteri kandungan unsur yang ada didalam tanah yang belum terbongkar, yah seperti yang saya bilang tadi, masih misteri. Jadi yel-yel anak himpunan ilmu tanah yang sudah sering kita denger, seperti,,
We Are Soil,, ! Solid!
Itu bener dong.. bukan karena kita adalah himpunan mahasiswa ilmu tanah tapi karena kita adalah tanah itu sendiri. Dan tanah itu sendiri adalah, kita. Ya tentunya, manusia jua disempurnakan oleh ruh dari ilahi, dan keistimewaan2 lainnya. Tapi secara fana’ nya  atau sifat kedunia-annya, manusia itu ya berasal dari tanah itu sendiri.! Gak heran kalo kita temui mayat2 manusia yang sudah dikubur didalam tanah beberapa tahun lamanya dan setelah dilihat kembali ternyata hanya tinggal tulang-belulangnya saja. Ya because we are so solid with the soil. 
Wah Subhanallah, maha besar Allah ya ..
here, we learn:
Mikrobiology and others mikromakro fauna and flora that use to increase Kesuburan Tanaman. Yg pstinya terkait lg sama fisik, kimia, biologinya, and Land Evaluation: my favorite, here we talk land not only in agriculture tp lebih luas, like region planning, land use planning, land survey for many use; recreation, agrowisata, agriculture, daerah konservasi, reboisasi, sampe perumahan dan perkotaan. Perencanaan wilayah & pengembangan wilayah, and many excited thing more you can get here. And we can learn and do it all karena sebagai ahli tanah kita menguasai sifat fisik wilayah, jadi kita bisa mengembangkan suatu wilayah, kita lihat dari analisis wilayah/lahan, arahan penggunaan lahan, sampai basis dari wilayah tersebut.

0 comments: