Wednesday, December 4, 2013 |

Kehadiran sang primadona sawit di Indonesia

Indonesia kini adalah negara penghasil sawit terbesar di Dunia. Dengan pertumbuhan sebesar 0,91% pertahunnya (Direktorat Jenderal Perkebunan) pada tahun 2008-2012. Luas areal terbesarnya berada di Prov. Riau, lalu Sumatera Utara dan menyusul Kalimantan Tengah. Dan bila dibandingkan dengan produksi dan luas areal berbagai komoditas perkebunan di Indonesia, tanaman sawit adalah yang terbesar pada tahun 2012 produksi sebesar 23,5 juta ton, luas areal seluas 9 juta/Ha, tetapi produktivitas yang masih rendah yaitu sebesar 3,571 kg/Ha (Direktorat Jenderal Perkebunan).

 Saking luasnya areal perkebunan tanaman sawit di Indonesia, sampai mengalahkan luas areal sawah sebagai sumber pokok pangan Indonesia. Hal ini tentu mencengangkan. Apa sebenarnya kehebatan dari tanaman sawit ini? Apakah dari berbagai lini kehidupan baik untuk Indonesia? Dan bagaimana pengaruhnya untuk dunia? Apa dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya?

Dan apakah benar tanaman sawit di Indonesia adalah penyebab utama pemanasan global dunia, penuruan biodiversitas dan bahkn ikut andil dalam penurunan mutu ekologis planet bumi? Bagaimana pembakaran lahannya dalam membuka tanaman sawit, konversi hutan menjadi perkebunan sawit, emisi dan limbah dari perkebunan sawit, hingga dampak sosial-ekonomi yang pasti ditimbulkan dari kehadiran perusahaan raksasa yang merubah secara besar-besaran 'kampung halaman' daerah sentra tanaman sawit Indonesia, seperti; Kalteng,Sumut,dan Riau.

Saya adalah karyawan salah satu perkebunan sawit swasta terbesar di Indonesia, sekaligus adalah lulusan sarjana pertanian, akan menulis dengan melihat langsung kehidupan sawit disini dengan didukung oleh referensi yang ada.

Karena planet bumi adalah rumah kita. Dan sudah menjadi kewajiban kita untuk merawatnya

0 comments: